Selasa, 01 Februari 2011

Serunya Masak Pempek Palembang

Agenda arisan part one ibu-ibu Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah terlaksana pada hari Minggu, 30 Januari 2011. Kegiatan ini bertempat di kediamannya Halijah Koso atau yang biasa dipanggil Ijeh, salah satu penggiat UKM ILC, yang ada di kawasan Karang Wuni Yogyakarta. Sesuai dengan rencana, selain arisan, agenda kegiatan juga menjadwalkan agenda masak-masak yang kali ini para pengurus wanita HMP UGM itu mencoba untuk memasak Pempek Palembang. Dengan chef Sumarni Bayu Anita atau yang biasa dipanggil Nita yang kebetulan berasal dari Palembang, dan para peserta yang terdiri dari Testi, Ime, Ella, Juwita, Lena, Laili, Nisa, Nufus, dan Ijeh, mereka memulai acara masak-masak pada pukul 9.00 WIB, dan menyantapnya tepat pada pukul 12.00 WIB.

Jadi, bagaimana rasa pempeknya? Hee, mungkin dari bentuk, kita perlu latihan lagi. Maklumlah, praktek pertama ini. Namun dari segi rasa, sang chef sendiri menilai tak kalah dengan rasa pempek yang dijual dari Palembang, apalagi rasa kuah cukanya: maknyusss!!! Akhirnya, usai menyantap pempek hasil buatan sendiri, acara arisan pun digelar. Untuk penarikan arisan pertama ini, ternyata jatuh kepada sang chef pempek sendiri, Nita. Selamat yaa...

Untuk agenda arisan selanjutnya, dijadwalkan pada hari Minggu, 13 Februari 2011 dengan agenda serunya adalah berenang (PJ: Ida). So, bagi yang ingin ikutan, jangan sampai ketinggalan yaaa... Dan satu lagi yang perlu digaris-bawahi, walau acara ini bertema arisan ibu-ibu HMP UGM, tapi bukan berarti harus benar-benar berstatus ibu-ibu yang notabene sudah menikah dan punya anak. Ini hanya istilah untuk mengakrabkan saja. Toh, di samping itu, kita semua yang cewek adalah juga calon ibu kan? Betul? Oke, keep spirit untuk kegiatan arisan selanjutnya yaaa.... (Nita)

Resep Pempek Palembang Ala Nita – HMP UGM
Bahan Pempek:
1 kg daging ikan giling (tenggiri, gabus, atau tongkol)
0,5 kg tepung sagu Tani
1 bungkus Ajinomoto
1 mangkuk air
2 sdm garam halus
Isi : tahu dan telur

Cara Membuat:
  1. Campur daging ikan giling dengan air, garam, Ajinomoto. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan sagu sampai bisa diuleni atau dibentuk.
  3. Ambil adonan secukupnya isi dengan tahu yang sudah dipotong-potong kecil atau dengan telur yang sudah dikocok sebanyak 1 sdm.
  4. Rebus seluruh adonan pempek yang sudah diisi dalam air yang sudah mendidih. Angkat jika pempek mengapung. Tiriskan.
  5. Goreng pempek sebelum dihidangkan.
Bahan Kuah Cuko:
0,5 gula merah yang berwarna gelap, iris tipis
50 gr asam jawa larutkan dengan air, ambil airnya
2 sdt cuka
5 gelas air
8 siung bawang putih
20-30 cabe rawit
2 sdm ebi
1 sdm tongcai
2 sdm garam
1 buah timun

Cara Membuat:
  1. Masak gula merah yang sudah diiris, air, larutan asam jawa, dan cuka sampai mendidih. Saring jika banyak ampas, lalu didihkan lagi.
  2. Haluskan bawang putih dan cabe rawit. Haluskan ebi dan tongcai. Lalu, masukkan ke dalam didihan air gula merah yang sudah disaring. Aduk.
  3. Masukkan garam, cicip rasanya, jika sudah pas, angkat.
  4. Cuko siap disajikan bersama pempek. Untuk tambahan, sajikan bersama cincangan timun di atasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar