Senin, 20 Desember 2010

Profil Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada

Pendidikan Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta telah memiliki lebih dari 100 program studi S2, S3 dan Spesialis yang pengelolaannya berada di Sekolah Pasca Sarjana dan 18 fakultas. Sebagai universitas terbesar di Indonesia, ternama dan dikenal sebagai kampus kerakyatan,UGM sedang berupaya keras mewujudkan visinya sebagai universitas riset bertaraf internasional.

Latar Belakang Kelahiran HMP UGM
Keberadaan mahasiswa pascasarjana yang jumlahnya sudah mencapai belasan ribu dengan keahlian yang beraneka ragam merupakan suatu aset berharga dan memiliki fungsi strategis untuk berpartisipasi dalam proses pencapaian visi dan misi UGM yang saat ini sedang berusaha menjadi universitas berbasis riset (research university) bertaraf internasional (world class university).

Mahasiswa pascasarjana sebagai aset potensial, memerlukan suatu media pengembangan agar mampu  bersinergi bagi pencapaian visi dan misi UGM, memberikan kontribusi bagi kejayaan rakyat, bangsa dan negara, serta mampu berpartisipasi dalam komunitas akademik internasional.

Namun di sisi lain, mahasiswa pascasarjana juga memiliki sejumlah keterbatasan dan permasalahan dalam penyelesaian studinya, sehingga perlu penyaluran aspirasi melalui wadah organisasi yang dapat memberikan manfaat langsung bagi seluruh mahasiswa pascasarjana dan memiliki kemanfaatan yang berkelanjutan dari masa ke masa.

Hal inilah yang kemudian melandasi lahirnya organisasi Himpunan Mahasiswa Pascarjana (HMP) UGM. Kehadirannya diharapkan dapat menampung aspirasi mahasiswa pascasarjana, menjadi sarana pengembangan potensi intelektual dan kontribusinya secara optimal, sebagai salah satu tanggung jawab akademik yang diembannya
.
Sejarah Kepengurusan HMP UGM
HMP UGM berdiri pada tanggal 22 Juli 2006 di UGM dengan Ketua Umum HMP UGM periode 2006-2008 adalah M.Ridhah Taqwa (S3 Sosiolog). Dalam Mubes II HMP UGM tanggal 12-13 Juli 2008, terpilih pasangan Ketua Umum dan Sekretaris Umum HMP Periode 2008-2009 yakni Syafarudin (S2 Ilmu Politik) dan Muhammad Hasyim (S2 MEP). Mubes ketiga, Juli 2009 terpilih pasangan Ketum Isroi (S3 Bioteknologi) dan Sekum Septa Dolesri (S2 Ilmu Politik) untuk periode 2009-2010. Dan pada Mubes keempat, 9-10 Juli 2010 terpilih pasangan Ketum dan Sekum berturut-turut, yaitu Hayu Siwi Pribadi (S2 IHT) dan Alimansyah (S2 AN) untuk memegang amanah pada periode 2010-2011.

1 komentar:

  1. terima kasih pada pengurus baru HMP UGM yg telah bersedia mengemban amanah meneruskan kepemimpinan generasi sebelumnya.Semoga HMP UGM semakin dekat dihati mahasiswa pasca. Wassalam.
    MRT

    BalasHapus